Minggu, 22 Juli 2012

Tips Untuk Mengatasi Stres Dalam 14 Hari

Anda pekerja berat  di kantor dan anda pernah merasa kewalahan menghadapi masalah dan tekanan pekerjaan di kantor? Jika tidak segera diatasi, Anda akan mengalami stres yang dapat berakibat terhadap gangguan depresi.

Untuk mengatasi stres, Anda dapat memetakan solusinya dengan melakukan langkah relaksasi selama dua minggu. Berikut Tips Untuk Mengatasi Stres Dalam 14 Hari seperti dikutip dari foxnews, Jumat (4/5/2012) yaitu:

Hari 1: Menuliskan apa yang mengganggu pikiran Anda
Ketika hambatan muncul, tanyakan pada diri Anda sendiri bagaimana dampak dari masalah tersebut dalam jangka panjang. Tuliskan apa masalah yang ada di pikiran Anda atau perlunya mengubah situasi pada masalah tersebut. Menuliskan rincian langkah-langkah yang harus diambil, kemudian membuat rencana tindakan yang konkrit merupakan langkah awal yang tepat untuk mengatasi stres.

Hari 2: Membuat daftar bantuan
Buatlah daftar orang-orang yang mampu mendukung Anda untuk dimintai saran dan bantuan dalam keadaan darurat. Anda mungkin akan menyadari bahwa Anda memiliki banyak orang yang dapat mendukung Anda secara emosional maupun dari segi keuangan yang mungkin menjadi masalah yang membebani Anda. Dengan mengetahui bahwa banyak orang yang mendukung Anda dapat mengurangi efek stres dan membuat Anda merasa lebih tangguh.

Hari 3: Menanam tanaman
Merawat tanaman hijau dapat memiliki efek positif pada kesejahteraan pikiran Anda. Sebuah penelitian baru terhadap pasien penyakit jantung yang diberikan terapi tanaman hortikultura, menunjukkan penurunan risiko penyakit jantung dan membaiknya suasana hati. Berkebun dapat membantu menggeser fokus diri dari stres dalam hidup Anda dan memberikan efek menenangkan.

Hari 4: Minum teh
Sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwa secara teratur minum teh hitam bisa menurunkan kadar hormon stres dan mendorong perasaan relaksasi. Tetapi perhatikan juga berapa banyak kafein yang Anda minum sebelum tidur agar Anda tetap dapat tidur dengan nyenyak.

Hari 5: Relaksasi dengan pijatan
Ketika Anda sedang berada di mall atau saat menunggu kereta di stasiun, cobalah untuk duduk di kursi pijat selama 15 menit untuk menenangkan saraf. Atau tempatkan tangan kiri Anda di depan Anda, telapak tangan menghadap ke atas, pijat titik berdaging antara ibu jari kiri dan jari telunjuk dengan ibu jari tangan kanan Anda dalam gerakan melingkar perlahan-lahan.

Hari 6: Memainkan permainan online di internet
Menurut penelitian dari East Carolina University, di Greenville, North Carolina bahwa bermain teka-teki online, seperti solitaire atau sudoku, dapat mengurangi stres dan memperbaiki suasana hati.

Hari 7: Memuji diri sendiri
Berfokus dan bersyukur atas apa yang Anda miliki sekarang ini dapat menyurutkan stres. Rasa syukur akan menjadi obat pikiran yang alami.

Hari 8: Pikirkan merah muda
Warna merah muda telah telah terbukti memiliki efek menenangkan sementara, yang sebenarnya dapat menurunkan tekanan darah. Gunakan wallpaper berwarna pink cerah di desktop komputer Anda atau menempelkan memo yang Anda tulis di kertas berwarna pink di kulkas atau dinding rumah Anda.

Hari 9: Matikan TV
Berita tentang politik atau tindakan kriminal di TV dapat membuat Anda merasa cemas ketika Anda sudah berada dalam kondisi stres. Siaran TV tersebut dapat memberikan pukulan pada Anda dengan rangsangan visual.

Hari 10: Ganti rute perjalanan Anda
Jalanan menuju kantor yang Anda lewati setiap hari mungkin sudah terlalu padat kendaraan yang membuat Anda semakin stres. Cobalah memilih rute jalan lain yang ditumbuhi pepohonan. Sebuah studi menunjukkan bahwa rasa frustrasi akan sedikit mereda jika Anda bepergian di jalan-jalan dengan pemandangan yang asri.

Hari 11: Menggerakkan bagian tubuh Anda
Beberapa kali sehari, gerakkan seluruh tubuh Anda dari atas ke bawah dengan fokus pada daerah yang paling rentan terhadap stres yang berhubungan dengan ketegangan otot. Lakukan gerakan untuk melemaskan otot-otot di dahi, mata, bibir, lidah, rahang, punggung bawah, dan jari kaki.

Hari 12: Berhenti berpikiran buruk
Pikiran negatif dapat memicu stres. Jadi, pandanglah suatu suatu dari sisi positifnya terlebih dahulu. Kemudian ambil napas dalam-dalam dan putuskan apakah Anda perlu berkutat pada hal-hal yang negatif dari situasi tersebut.

Hari 13: Meminta bantuan teman
Anda mungkin akan merasakan beban yang terlalu menumpuk jika Anda menyimpan masalah Anda sendiri. Ceritakan dan mintalah bantuan kepada teman dekat yang Anda percayai.

Hari 14: Tertawalah
Penelitian telah menemukan bahwa hormon endorfin yang dilepaskan saat Anda tertawa dapat memperbaiki suasana hati. Tontonlah acara komedi di TV agar stres yang Anda alami memudar seiring dengan membaiknya suasana hati Anda.

Share this :

0 komentar: