Selasa, 17 Juli 2012

Sistem Sel Tenaga Surya untuk Rumah

Bagi pemilik rumah yang sadar lingkungan, energi surya atau energi matahari adalah cara untuk mendapatkan keuntungan dari sumber daya terbarukan sekaligus mengurangi tagihan listrik mereka. Sistem surya di rumah memerlukan investasi di depan, tetapi bermanfaat untuk menghemat biaya bahan bakar dan pengurangan penggunaan bahan bakar fosil yang tak terbaharukan.

Manfaat terbesar dari sistem pemanfaatan energi surya adalah bahwa bahan bakar ini gratis dan sumbernya tidak terbatas. Hanya dibutuhkan sedikit pemeliharaan terhadap panel surya karena tidak ada bagian yang bergerak. Bahkan, banyak produsen yang mengaransi bahwa produk mereka akan tetap berfungsi engan baik hingga dua puluh lima tahun.

Jika terjadi pemadaman listrik oleh PLN, rumah bertenaga surya tidak terpengaruh. Itu berarti bahwa meskipun terjadi kerusakan parah pada jaringan listrik PLN, keluarga Anda masih dapat menikmati kenyamanan di rumah yang memanfaatkan listrik tenaga surya. Untuk lingkungan, penggunaan energi surya tidak menghasilkan emisi karena tidak ada pembakaran bahan bakar fosil. Harga energi surya terus menurun dan karena teknologi baru terus muncul, biaya pemasangan sistem listrik tenaga surya akan terus menurun.

Perangkat Sistem Listrik Tenaga Surya
Meskipun perangkat listrik tenaga surya untuk rumah telah umum dalam beberapa tahun terakhir, peralatan ini bisa berbahaya. Karena petunjuk yang tercantum tampaknya mudah untuk diikuti, beberapa orang melupakan fakta bahwa mereka bekerja dengan listrik. Untuk amannya, seseorang yang membeli perangkat sistim listrik tenaga surya untuk rumah harus membaca petunjuk secara menyeluruh. Sering kali lebih aman bila menyewa seorang installer yang profesional, karena para profesional telah mendapatkan pengalaman yang lebih, mereka jauh lebih mampu menangani resiko yang mungkin muncul dalam penggunaan perangkat sistem listrik tenaga surya untuk rumah kita.

Kekurangan Sistem Listrik Tenaga Surya
Meskipun listrik tenaga surya merupakan sumber energi yang bersih, sel surya yang dibuang tidak ramah lingkungan!

Sebagian besar sel surya yang digunakan untuk membuat sistem tenaga listrik untuk rumah mengandung zat yang sangat beracun yang dikenal sebagai kadmium, yang dapat menyebabkan kerusakan lingkungan serius jika tidak dibuang dengan benar. Namun, energi surya adalah teknologi yang maju pesat, sehingga wajar bahwa kita berpikiran bahwa isu pencemaran kadmium ini akan teratasi.

Masalah lain yang terdapat pada tenaga surya adalah pasokan sinar matahari. Banyak tempat yang memiliki cahaya yang cukup untuk mengoperasikan sistem listrik tenaga surya, tetapi ada daerah di ujung utara dan selatan bumi yang mengalami kegelapan hingga sebulan dalam setahun.

Disamping tenaga surya adalah sebagai langkah maju untuk mengurangi ketergantungan kita pada bahan bakar fosil, namun tetap ada beberapa kelemahan di dalamnnya. Seperti dalam hal menempatkan investasi dimanapun, konsumen harus benar-benar menyeleksi pilihan-pilihan yang mereka miliki dan berkonsultasi dengan para profesional.

Penting untuk diingat bahwa membangun rumah surya bukan hanya mengenai investasi keuangan, tapi investasi bagi masa depan planet yang bersih, yang akan menyelamatkan generasi mendatang.

Share this :

0 komentar: