Affiliate Program ”Get Money from your Website” Get cash from your website. Sign up as affiliate.

17 Jul 2012

Macam-Macam Energi Gas Alam

Gas alam mengambil bagian dalam porsi yang besar dan tidak terpisahkan sebagai pasokan energi dunia. Ketika dibakar, gas alam merupakan salah satu bentuk energi paling bersih dan paling kuat yang tersedia. Gas alam memungkinkan kita untuk memasak, menggunakan listrik, dan melakukan tugas keseharian dengan nyaman.

Meskipun sebagian besar terdiri dari metana, ada hidrokarbon lain yang berkontribusi terhadap susunan gas alam. Setelah gas alam dimurnikan, bermacam hidrokarbon ini secara terpisah dapat digunakan sebagai berbagai sumber energi.

1. Metana
Gas alam dimurnikan menjadi metana sebelum digunakan oleh konsumen. Metana adalah komponen yang paling berlimpah pada gas alam murni, sangat mudah terbakar dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan sebagai sumber energi. Sebelum metana dapat dibakar, terlebih dahulu harus dimurnikan dari gas alam yang ditemukan dalam sumur minyak, sumur gas dan sumur kondensat. Setelah diproses dari gas alam, metana digunakan untuk menghasilkan listrik melalui turbin uap. Gas metana ini juga dikirim ke rumah melalui jaringan pipa dan digunakan untuk memasak, pemanas udara dan kegiatan lainnya di rumah.
     
2. Etana
Etana merupakan komponen energi yang paling banyak berikutnya yang ditemukan dalam gas alam. Etana adalah hidrokarbon dan hasil dari penyulingan minyak bumi. Dengan nilai kalor lebih tinggi dari metana, etana digunakan dalam beberapa cara setelah terisolasi dari gas alam. Setelah dipisahkan dari gas alam, etana sering digunakan untuk memproduksi etilen dan produk polyethylene. Pada gilirannya etana digunakan untuk memproduksi kemasan, isolasi, kawat dan produk konsumen lainnya.
         
3. Propana
Propana adalah sumber energi berlimpah yang ditemukan dalam gas alam dan diproses dalam bentuk gas atau cair. Sering disalurkan melalui pipa gas, propana dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Sering kali propana digunakan untuk bahan bakar mesin, memasak dengan kompor, dan untuk pemanas sentral di rumah atau bangunan yang lebih besar. Propana juga digunakan untuk memanggang barbekyu karena output energi yang tinggi dan portabilitas-nya. Beberapa bus dan kendaraan besar dijalankan menggunakan propana, dan pada banyak rumah juga menggunakan gas propana untuk bahan bakar kompor, pemanas air dan kebutuhan lainnya.
     
4. Butana
Ditemukan pada gas alam, butana tidak melimpah seperti hidrokarbon lainnya, tetapi masih merupakan sumber energi yang layak dan dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Diisolasi selama pengolahan gas alam, butana mencapai sampai sekitar 20 persen dari komposisi gas alam. Butana sering menjadi komponen pada gas untuk mobil. Unit pendingin dan korek gas juga menggunakan sejumlah besar butana sebagai bahan bakar. Aerosol kaleng juga menggunakan butana sebagai propelan, tapi pemakaian ini telah dianggap berbahaya bagi lingkungan.

Artikel Terkait

Terima kasih sekali yang mau/telah share artikel ini ke Teman-teman yang lainnya

0 komentar