Senin, 06 Februari 2012

Ada UFO di dasar laut Baltik


CNN
Citra sonar "UFO" di Laut Baltik
Tim Ocean Explorer asal Swedia menemukan benda-benda misterius di kedalaman Laut Baltik lewat pencitraan sonar. Benda misterius itu berbentuk silinder dengan diameter 60 meter dan panjang ekor hingga 400 meter. Selisih 200 meter, ada benda misterius serupa yang juga ditemukan.

Sejauh ini, tak ada penjelasan pasti tentang obyek tersebut. Namun, ada yang berpendapat kalau bentuknya mirip kapal ruang angkasa atau UFO (unidentified flying object) di film-film fiksi ilmiah.

"Kami memperoleh banyak penjelasan yang berbeda, mulai dari pesawat (karangan) George Lucas, Millenium Falcon (Star Wars), sampai sesuatu dari dunia khayalan. Seperti benda tersebut memang seharusnya jatuh ke sana atau penjelasan lainnya," kata Peter Linberg, salah satu anggota tim.

Tim Ocean Explorer tampak antusias dengan penemuan tersebut. Namun, beberapa kalangan merasa skeptis dan mempertanyakan keakuratan hasil citra sonar. Teknologi sonar sering kali kurang bisa membedakan obyek buatan dan formasi batuan alami.

Saat ini, tim Ocean Explorer masih harus menunggu hingga kondisi laut agak tenang sehingga penelitian tentang obyek itu bisa dilakukan. Mereka juga sedang mencari investor yang tertarik pada proyeknya.

Laut Baltik kaya akan bangkai kapal. Diperkirakan 1.000 obyek ada di dasar laut tersebut. Ocean Explorer mengembangkan kapal selam untuk menarik minat turis dan pemburu bangkai kapal selam melihat langsung.
Dailymail

Share this :

0 komentar: