Sabtu, 09 April 2011

Sejarah Tokoh dan Ilmuawan Islam/Mimar Sinan Rahmathullahi 'alaihi

Mimar Sinan Rahmathullahi 'alaihi

karya-Nya adalah Masjid Selimiye di Edirne, meskipun karyanya yang paling terkenal adalah Masjid Suleiman di Konstantinopel (Istanbul)

Koca Mimar Sinan Aga Rahmathullahi 'alaihi (Turki Utsmani: قوجو معمار سنان آغا; Modern Turki: Mimar Sinan alaihi Rahmathullahi') (c. 1490-1588) adalah kepala arsitek dan insinyur Ottoman sipil untuk sultan Suleiman I, Selim II, dan Murad III. Dia bertanggung jawab untuk pembangunan lebih dari tiga ratus struktur utama, dan proyek lainnya yang lebih sederhana, seperti sekolah Quran-nya (sibyan mektebs). Dilatih sebagai seorang insinyur militer, ia naik melalui pangkat menjadi perwira pertama dan akhirnya aJanissary komandan , dengan gelar kehormatan aga Dia belajar arsitektur dan keterampilan teknik sambil promosi pada dengan Yanisari, menjadi ahli dalam membangun benteng dari segala jenis, serta prasarana militer, seperti jalan, jembatan dan saluran air. Kira-kira pada usia lima puluh, ia diangkat sebagai kepala arsitek kerajaan, menerapkan keterampilan teknis ia diperoleh melalui tentara untuk penciptaan "bangunan keagamaan baik" dan struktur sipil dari segala jenis. Ia tetap di posting selama hampir lima puluh.

karya-Nya adalah Masjid Selimiye di Edirne, meskipun karyanya yang paling terkenal adalah Masjid Suleiman di Konstantinopel (Istanbul). Dia memimpin departemen pemerintah yang luas dan banyak asisten terlatih yang, pada gilirannya, membedakan diri mereka sendiri, termasuk Sedefhar Mehmet Aga, arsitek Masjid Sultan Ahmed. Dia dianggap sebagai arsitek terbesar dari periode klasik arsitektur Ottoman, dan telah dibandingkan dengan Michelangelo, kontemporer di Barat. Michelangelo dan rencananya untuk Basilika Santo Petrus di Roma yang terkenal di Konstantinopel, karena Leonardo da Vinci dan dia telah diundang, di 1502 dan 1505 masing-masing, oleh Sublime Porte mengajukan rencana untuk jembatan mencakup Golden Horn.

Share this :

0 komentar: