Sabtu, 09 April 2011

Sejarah Tokoh dan Ilmuawan Islam/Jabir Ibn Hayyan Rahmathullahi 'alaihi

Jabir Ibn Hayyan Rahmathullahi 'alaihi
(Geber di Eropa)
Dikenal sebagai bapak Kimia Modern,

Dia mendirikan laboratorium di Kufah sekitar 776 CE dan ia menemukan beberapa senyawa dan menulis banyak buku. Tiga dari buku-bukunya berhasil bertahan hingga hari ini, Kitab Al Rahmah, Kitab al Tajmi dan Al Sharqi.He Zibaq al meningkat pada metode penguapan, sublimasi, peleburan dan kristalisasi.


Geber adalah bentuk Latin dari "Jabir", dengan nama lengkap Abu Musa Jabir bin Hayyan Al azdi (bahasa Arab: جابر بن حيان), (Persia: جابر بن حيان) (lahir c. 721 di Tous-meninggal c. 815 di Kufah), sebuah polymath terkemuka: seorang ahli kimia dan ahli alkimia, astronom dan astrolog, insinyur, ahli geologi, filsuf, fisikawan, dan apoteker dan dokter. Ia dianggap oleh banyak untuk menjadi ayah "kimia." latar belakang etnis-nya tidak jelas, walaupun beberapa sumber menyatakan bahwa ia adalah seorang Arab sumber lain memperkenalkan dirinya sebagai Persia. Geber atau Jabir diselenggarakan untuk menjadi alkemis praktis pertama.

Pada awal abad kesepuluh, identitas dan tepat korpus karya Geber dalam sengketa di kalangan Islam. Sepenuhnya terpisah dari itu, di Eropa abad ke-13 seorang penulis anonim memproduksi sebuah badan non-sepele alkimia dan metalurgi dengan nama-pena "Geber". Individu ini saat ini dikenal sebagai Pseudo-Geber.

lebih detail tentang http://en.wikipedia.org/wiki/Geber alaihi Jabir Ibn Hayyan Rahmathullahi

Share this :

0 komentar: