Sabtu, 09 April 2011

Sejarah Tokoh dan Ilmuawan Islam/Al-Khawarizm Rahmathullahi 'alaihi

Istilah Aljabar dan Algoritma yang akrab bagi kita semua tapi berapa banyak telah mendengar tentang mereka pendiri Mohammed Al-Khawarizmi. Dalam Geografi ia direvisi dan dikoreksi pandangan Ptolemeus dan menghasilkan peta pertama dunia yang dikenal di 830 CE. Ia bekerja pada pengukuran volume dan lingkar bumi, dan memberikan kontribusi terhadap pekerjaan yang berhubungan dengan jam, jam matahari dan astrolabes.


Abu Abdallah Muhammad ibn Musa Al-Khawarizmi. Nama yang disebutkan terakhir tersebut (nisba nya) mengacu pada tempat kelahirannya, Khwarizm, Khiva modern, selatan Laut Aral. Ia lahir sekitar 780 di kota bagian Kath dari Khwarism. Kath kini terkubur di pasir. Ia meninggal sekitar 850. Dia dipanggil ke Baghdad oleh Khalifah Al-Mamun dan astronom ditunjuk pengadilan. Dari judul karyanya, Hisab Al-Jabr wal Mugabalah (Kitab Perhitungan, Restorasi dan Pengurangan), Aljabar (Al-Jabr) yang berasal name.Algebra yang melambangkan utang budaya Barat untuk muslim mathematics.Ironically, ketika pertama kali masuk bahasa Inggris itu digunakan sebagai istilah untuk pengaturan patah tulang, dan bahkan kadang-kadang untuk patah tulang sendiri. Hal ini mencerminkan arti harfiah asli dari kata Arab al-Jabr, 'dengan penyatuan tulang patah,' dari Jabara verba 'bersatu kembali. " Konotasi anatomi ini diadopsi ketika kata itu dipinjam, sebagai aljabar, ke dalam bahasa Spanyol, Italia dan Latin abad pertengahan dari satu atau lain dari yang bahasa Inggris mendapatkannya. Dalam bahasa Arab, bagaimanapun, telah lama diterapkan untuk memecahkan persamaan aljabar (Arab ekspresi penuh adalah 'Ilm aljabr wa'l muqabalah' ilmu tentang reuni dan persamaan, 'dan matematikawan Al-Khawarizmi aljabr digunakan sebagai judul risalah tentang aljabar.
Al-Khawarizmi adalah seorang matematikawan, astronom, dan geografi. Dia mungkin salah satu matematikawan terbesar yang pernah hidup, seperti, pada kenyataannya, dia adalah pendiri beberapa cabang dan konsep dasar matematika. Dalam kata-kata Phillip Hitti:
Dia pikir dipengaruhi matematika untuk tingkat yang lebih besar daripada penulis abad pertengahan lainnya "bekerja-Nya di aljabar. Masih berlaku, karena ia tidak hanya dimulai subjek dalam bentuk yang sistematis tetapi ia juga mengembangkan hal itu sampai sebatas memberikan solusi analitis persamaan linear dan kuadrat , yang mengukuhkan dia sebagai pendiri Aljabar.
Hisab Al-Jabr wal-muqabala, berisi solusi analitis persamaan linear dan kuadrat dan pengarangnya dapat disebut salah satu pendiri analisis atau aljabar yang berbeda dari geometri. Dia juga memberi solusi geometri (dengan angka) persamaan kuadrat, misalnya x2 + 1Ox = 39, sebuah persamaan sering diulang oleh para penulis kemudian. The 'Liber ysagogarum Alchorismi di astronomicam Artem sebuah magistro A. [Adelard dari compositus] Bath! " berhubungan dengan aritmatika, geometri, musik, dan astronomi, melainkan mungkin ringkasan dari ajaran-ajaran Al-Khawarzmi, bukan sebuah karya asli.
Nya tabel astronomi dan trigonometri, direvisi oleh Maslama Al-Majrti (Kedua setengah abad kesepuluh), telah diterjemahkan ke dalam bahasa Latin sejak l126 oleh Adelard of Bath. Mereka adalah Muslim pertama tabel dan berisi tidak hanya fungsi sinus tetapi juga singgung (interpolasi Maslama's).
aritmatika-Nya disintesis Yunani dan pengetahuan Hindu dan juga berisi kontribusi sendiri sangat penting bagi matematika dan sains. Dengan demikian, ia menjelaskan penggunaan nol, sebuah angka yang sangat mendasar yang dikembangkan oleh orang Arab. Demikian pula, ia mengembangkan sistem desimal sehingga keseluruhan sistem angka, 'algoritma' atau 'algorizm' dinamai menurut namanya. Di samping memperkenalkan sistem angka India (sekarang umumnya dikenal sebagai angka Arab), ia mengembangkan ilmu hitung panjang lebar beberapa prosedur, termasuk operasi pada fraksi. Itu adalah melalui karyanya bahwa sistem angka pertama kali diperkenalkan ke Arab dan kemudian ke Eropa, melalui terjemahan dalam languages.He Eropa dikembangkan di tabel detail yang berisi fungsi trigonometri sinus, yang mungkin diekstrapolasikan untuk fungsi tangen oleh Maslamati.He juga menyempurnakan representasi geometris bagian kerucut dan mengembangkan kalkulus dua kesalahan, yang secara praktis membuatnya konsep diferensiasi. Ia juga dilaporkan telah bekerja sama dalam pengukuran tingkat diperintahkan oleh Al-Mamun yang bertujuan mengukur volume dan lingkar bumi.

Buku-Nya
Beberapa buku-bukunya telah diterjemahkan ke dalam bahasa Latin pada awal abad ke-12. Bahkan, bukunya tentang aritmatika, Kitab Al-Jam'a Tafreeq wal-bil Hisab Al-Hindi, hilang dalam bahasa Arab tetapi selamat dalam terjemahan Latin. tabel astronomi Nya juga diterjemahkan ke dalam bahasa Eropa dan, kemudian, ke Cina. geografi Nya captioned Kitab Surat-Al-Ard, (Wajah Bumi) bersama dengan peta-nya, juga diterjemahkan. Selain itu, ia menulis sebuah buku pada kalender Yahudi Istikhraj Tarikh Al-Yahud, dan dua buku tentang astrolabe itu. Ia juga menulis Kitab Al-Tarikh dan bukunya tentang matahari cepat adalah captioned Kitab Al-Rukhmat, namun keduanya telah hilang.

Share this :

0 komentar: