Sabtu, 09 April 2011

Sejarah Tokoh dan Ilmuawan Islam/Abu Bakar Muhammad bin Zakaria Razi Rahmathullahi 'alaihi


Abu Bakar Muhammad bin Zakaria Razi Rahmathullahi 'alaihi

(Mohammad-e Zakaria Razi-kamu: Persia: محمد زکریای رازی), yang dikenal sebagai Rhazes atau Rasis setelah Latinists abad pertengahan, (26 Agustus 865, Rayy-925, Rayy) adalah seorang Persia [2] [3] alkimiawan, kimiawan, dokter, filsuf dan sarjana. Dia diakui sebagai seorang polymath [4] dan sering disebut sebagai "mungkin yang terbesar dan paling asli dari semua dokter, dan salah satu yang paling produktif sebagai penulis" [5. Biografi] dari Razi, berdasarkan tulisannya, menggambarkan dia sebagai "mungkin dokter terbesar sepanjang masa" Berbagai "pengalaman pertama." dalam penelitian medis, perawatan klinis, dan kimia yang dikaitkan dengannya, termasuk menjadi yang pertama untuk membedakan cacar dari campak, penemuan berbagai senyawa dan bahan kimia termasuk alkohol dan Minyak Tanah antara lain. [6]
Meskipun Rhazes (atau Razi) adalah seorang Persia yang hidup di Iran, karyanya yang diterbitkan dalam bahasa Persia dan Arab lanugages, seperti yang terjadi pada kebanyakan ilmuwan Persia selama era ini ketika banyak dari Iran berada di bawah pendudukan oleh kekhalifahan Arab menyerang. publikasi Razi multi-bahasa sering menjadi alasan baginya menjadi salah disebut sebagai Scientific "Arab" atau "" Scientific Islam, juga bagi para ilmuwan Persia lain selama era ini. publikasi multi-bahasa seperti di Persia yang analog dengan penggunaan kemudian dari bahasa Latin untuk publikasi ilmiah di Eropa pada abad-abad berikutnya.
Rhazes memberikan kontribusi yang mendasar dan bertahan sampai bidang kedokteran, kimia, musik, dan filsafat, dicatat di lebih dari 200 buku dan artikel di berbagai bidang ilmu pengetahuan. Dia yang pandai dalam bahasa Persia, Yunani dan pengetahuan medis India dan membuat berbagai kemajuan dalam kedokteran melalui pengamatan dan penemuan sendiri. [7]
Berpendidikan di bidang musik, matematika, filsafat, dan metafisika, ia akhirnya memilih bidang kedokteran sebagai profesional. Sebagai seorang dokter, ia adalah pendukung awal obat eksperimental dan dianggap sebagai ayah dari pediatri [8] Ia juga pelopor bedah saraf dan optalmologi.. [9] Dia adalah orang yang pertama yang menggunakan Humoralism untuk membedakan satu penyakit menular dari lain. Secara khusus, Razi adalah dokter pertama yang membedakan cacar dan campak melalui karakterisasi klinis tentang dua penyakit. Dan sebagai seorang alkemis, Rhazes dikenal studinya asam sulfat dan untuk penemuan dan perbaikan etanol untuk digunakan dalam kedokteran. Ia menjadi dokter kepala rumah sakit Rayy dan Baghdad. Razi Ditemukan apa yang sekarang dikenal sebagai alkohol gosok.
Rhazes adalah seorang rasionalis dan sangat percaya diri pada kekuatan ratiocination, dia secara luas dianggap oleh orang-orang sezamannya dan penulis biografi sebagai liberal dan bebas dari segala bentuk prasangka dan sangat berani dan berani dalam mengekspresikan ide-idenya tanpa ragu.
Dia bepergian tapi sebagian besar di Persia. Sebagai seorang guru di kedokteran, ia menarik mahasiswa dari semua disiplin ilmu dan dikatakan kasihan dan dikhususkan untuk melayani pasien, baik kaya atau miskin.

Share this :

0 komentar: