Sabtu, 02 April 2011

Cara Membuat Kaos Dengan Tampilan Desain Sendiri

Gemar corat-coret? Suka akan dunia desain? Kenapa tidak mencoba menampilkan pameran karya desain mu pada kaosmu sendiri. Mudah kok! Menampilkan desainmu pada kaos bisa dengan cara tradisional maupun modern. Cara tradisional yang sampai sekarang masih digunakan adalah sablon. Cara yang lebih modern adalah cetak menggunakan printer.

Cara sablon membutuhkan latihan dan ketrampilan yang lebih baik dibandingkan cara cetak menggunakan printer. Selain itu kebutuhan peralatan sablon, seperti screen, roll, cat sablon, dan lainnya perlu persiapan dan penanganan secara khusus. Beda halnya dengan cara cetak.

Saya coba berbagi pengetahuan cara membuat kaos dengan tampilan karya desain sendiri. Perlengkapan yang kamu butuhkan:

1. Kaos berwarna putih atau hitam polos. Ukuran silahkan pilih sesuai ukuran badanmu.

2. Komputer (Bisa berupa notebook atau PC). Sebaiknya ada software desain seperti Corel Draw, Adobe Illustrator, dan Photoshop. Sudah cukup jika satu di antara ketiga software tersebut ada pada komputermu.
  
3. Kertas Transfer dan Printer Berwarna sebagai sarana mencetak desain ke kertas transfer.
  
4. Setrika. Alat ini dibutuhkan untuk menempelkan desain pada kaos.

Tahapan yang dilakukan adalah:

1. Membuat desain menggunakan komputer. Ada banyak cara untuk membuat pameran karya desain desain misalnya kamu scan gambar yang telah kamu corat-coret, atau memakai hasil foto dari kamera digitalmu. Tambahkan kata-kata atau tulisan, utak-atik warna supaya “ngejreng”, tambhakan elemen desain lain, misalnya gambar-gambar vektor yang sekarang sedang tren.

2. Mencetak pada kertas transfer. Perlu diingat! Cetaklah secara mirror. (lihat contoh gambar). Ini maksudnya agar tampilan pada kaos nanti benar, tidak terbalik. Gunakan kertas yang tepat dan printer yang sesuai.

3. Setelah dicetak, siapkan setrika. Posisikan tombol pengatur panas pada posisi maksimum. Panas dibutuhkan untuk menempelkan gambar pada kaos. Semakin panas semakin baik. Hati-hati terlampau panas, agar kaos tidak gosong. Letakkan selembar karton di bawah kaos agar permukaan kaos rata.

4. Tekan setrika pada kertas transfer dan tempelkan gambar. Gosok perlahan setiap permukaan selama 30 detik. Usahakan pada saat menggosok bidang permukaan kaos rata.

5. Setelah selesai menggosok, buka kertas saat masih panas, dan diamkan selama kurang lebih 2 menit.

6. Kaosmu sudah menampilkan pameran karya desain sendiri. Keren!

Tips:

 Cobalah pada sepotong kain dulu sebelum menempelkan gambar desainmu pada kaos.
   
 Semakin panas semakin baik. Panas akan membantu gambar menempel. Usahakan panas merata pada permukaan kertas transfer.

Share this :

0 komentar: