Rabu, 30 Maret 2011

White Hole----> anti Black Hole

Bila kita mengetahui bahwa Black Hole itu adalah sebuah pemusatan massa yang menghisap benda-benda di sekitarnya, maka White Hole berbeda. White Hole adalah kebalikan black hole, dan fungsinya adalah mengeluarkan benda-benda yang tadinya sudah terhisap.


Bila lubang hitam terbentuk karena supernova salah satu bintang yang umurnya cukup tua, sama halnya dengan white hole. Bila kita asumsikan, white hole ada satu paket dengan black hole dan worm hole. Berikut adalah gambarnya:


Jadi, black Hole, worm hole dan white hole bisa kita gambarkan dalam satu bidang vertikal seperti gambar di atas. Dimana fungsi black hole adalah menyerap materi, worm hole adalah lubang penyalur antar dimensi, dan white hole adalah pengeluar materi.
Untuk worm hole fungsinya yang lebih jelas adalah seperti jalan pintas yang menghubungkan antara 2 ruang dan waktu yang berbeda. Inilah salah satu cara menurut para peneliti untuk mencapai tingkatan alam semesta yang lebih tinggi.

Seperti yang sudah saya pelajari dalam fisika, menurut Einstein gaya gravitasi adalah gaya yang berbeda dengan gaya-gaya yang lainnya. Yaitu, massa tidak menciptakan sebuah medan gaya di sekitarnya yang akan menyebabkan percepatan massa yang lain, namun massa akan mengubah struktur ruang dan waktu di sekitarnya.

Kinerja white hole berkebalikan dengan kerja black hole, dan secara otomatis waktu bagi sebuah black hole untuk menghisap sebuah materi sama dengan waktu bagi sebuah wahite hole untuk mengeluarkan sebuah materi tersebut.
Hanya saja yang belum begitu saya mengerti adalah pembentukan white hole itu sendiri. Bila black hole terbentuk karena suatu bintang yang tidak bisa menahan kekuatan gravitasinya sendiri dan pada akhirnya mengalami supernova lalu bagaimana dengan whitehole?
Tetapi ada sebuah teori yang cukup menarik yaitu, ketika pembentukan black hole dengan supernova, inti dari black hole ini mengalami big bang, dan akhirnya menciptakan sebuah alam semesta baru yang mengembang masuk ke alam semesta yang awal. Dan akhirnya akan membentuk sebuah whitehole. Dan menariknya, bila di blackhole suatu materi yang telah masuk ke dalamnya tidak bisa keluar lagi dari mulut lubang awal. Tetapi di whitehole, suatu materi yang telah keluar dari lubang awal, tidak akan bisa masuk lagi ke dalam lubang awalnya. Wah, inilah dia antigravitasi bung.
Kembali pada asumsi di atas bahwa Black Hole, worm hole, dan white hole adalah satu paket. Berarti bila suatu lubang hitam semakin masif karena memakan banyak materi termasuk lubang hitam lain, apakah worm hole dan white hole juga akan semakin membesar?

Bila kita mengtahui bahwa Black hole itu berwarna hitam, maka anggapan itu sebenarnya salah. Sama halnya dengan white hole, memang ada banyak white hole yang berwarna putih, tetapi tidak semua berwarna putih.
Pembahasan ini cukup membingungkan ya, tetapi dari semua yang saya tulis di atas kita bisa menyimpulkan bahwa white hole adalah sebuah monster kosmis yang berfungsi untuk mengeluarkan seluruh materi yang sudah dihisap oleh black hole.

Karena pembahasan ini mungkin membingungkan anda, lebih baik saya berikan beberapa gambar white hole saja











Sekali lagi mohon maaf bila posting ini cukup berat untuk dipahami karena alam semesta adalah ciptaan-Nya.

Share this :

0 komentar: