Kamis, 31 Maret 2011

Patung Kaisar Romawi Ditemukan


Patung Kaisar Romawi Ditemukan di Roma, Menurut perkiraan tim arkeolog, patung itu terkubur sejak abad 2-3 Masehi. Terdiri dari satu set enam patung marmer di Roma yang diperkirakan milik seorang pejabat tinggi di era Kekaisaran Romawi.


Dipimpin oleh Roberto Egidi, sebuah kelompok arkeolog menemukan lima patung kepala marmer yang diperkirakan adalah anggota dinasti kekaisaran Severan serta satu patung Zeus, Dewa terbesar Yunani, saat menggali situs publik di kota Roma.

Galian itu berlokasi di dekat air mancur kuno di lingkungan vila mewah Romawi, sepanjang jalan Via Anagnina, Roma Tenggara. Kementerian Budaya Italia mengatakan, temuan yang tidak biasa ini merupakan satu dari temuan terbesar dan terpenting dalam sejarah Ibukota Italia.

Patung-patung tua tersebut akan diserahkan ke badan resmi Museum Nasional Roma dan dibawa terlebih dulu ke Baths Diocleatian, dekat stasiun Termini, untuk menjalani restorasi awal segera.

"Mungkin pemilik terakhir dari vila itu adalah pejabat tinggi yang ada hubungannya dengan dinasti Kekaisaran Romawi Septimius Severus," papar Kementerian Budaya Italia dalam keterangan.
"Keberadaan makam di sekitar vila itu menjadi dasar kuat hipotesa. Menurut perkiraan, patung tersebut dikubur sejak abad kedua atau ketiga. Penguburan itu adalah bagian dari ritual biasa yang dilakukan ketika pemilik vila sebelumnya (Severus) telah tiada," imbuhnya.

Severus memerintah di tahun 193-211 SM. Di eranya, dia berhasil memulihkan stabilitas negara tanpa harus ada pertumpahan darah dari Kekaisaran Commodus sebelumnya yang sempat bergejolak. Dia mendirikan Dinasti Severan yang berakhir di tahun 235 Masehi. Jatuhnya dinasti tersebut ditandai dengan pembunuhan oleh salah satu ahli warisnya.

Physorg.com

Share this :

0 komentar: