Kamis, 31 Maret 2011

Beast of Gevaudan adalah Werewolf?

Werewolf atau yang juga disebut likantrof adalah makhluk legenda yang berupa manusia serigala atau bisa setengah manusia setengah serigala. Legenda ini banyak muncul di Eropa walaupun juga terdapat legenda Werewolf di luar Eropa.



Werewolf


Werewolf dipercaya akan keluar pada saat bulan purnama, karena dipercaya juga werewolf adalah manusia yang berubah menjadi serigala ketika melihat bulan purnama, kemudian tubuhnya akan ditumbuhi bulu dan akhirnya matanya pun bersinar seperti serigala pada umumnya.

Pada zaman dulu banyak orang yang percaya bahwa perubahan wujud manusia menjadi serigala adalah perbuatan sihir yang dilakukan para tukang sihir Eropa. Tetapi, ternyata terdapat juga beberapa penyakit tertentu yang dapat mengakibatkan manusia memiliki karakteristik seperti manusia serigala, salah satu penyakitnya adalah werewolf syndrome.

Kembali ke Beast of Gevaudan

Seperti yang saya tuliskan di atas bahwa legenda Werewolf banyak muncul di Eropa, salah satunya di daerah Gevaudan di Prancis bagian selatan. Banyak kisah pembunuhan yang dikaitkan dengan legenda werewolf. Dan biasanya korban yang tewas adalah anak-anak dan wanita karena sulit memberikan perlawanan terhadap sang hewan. Penampakan hewan misterius ini muncul pada tahun 1700-an, tepatnya pada tahun 1764-1767.

Hewan ini memiliki tubuh berukuran tubuh keledai, jadi seperti bentuk serigala pada umumnya (cukup besar). Dan, namanya saja hewan buas, jadi yang dimakannya adalah hewan ternak warga Gevaudan. Penampakan pertama kali hewan ini adalah saat seorang wanita sedang merawat ternaknya lalu melihat sosok hewan seperti serigala mendekat ke arahnya. Bahkan anjing wanita itu ketakutan hingga makhluk itu pergi karena terusir oleh tanduk hewan ternaknya.

Pada tahun 1764, dua orang pemburu melihat hewan misterius yang dicari ini lalu menembaknya. Pada tembakan pertama, hewan ini langsung bangun kembali dan berlari, pada tembakan kedua, hewan ini kembali tertembak, tetapi hebatnya hewan ini masih dapat berdiri kembali. Dan pada tembakan keempat walaupun hewan ini sudah jatuh bangun, tetap saja 2 pemburu itu gagal membunuhnya dan hewan ini kembali ke dalam hutan. Namun, pada akhirnya teror tetap kembali berlangsung.

Hingga akhirnya, Raja Prancis memberikan kepercayaannya kepada seorang pemburu bernama Antoine Beauterne. Dan, akhirnya Antoine berhasil menembak hewan itu hingga mati. Hingga hewan itu ditunjukkan kepada Raja Louis XV di lapangan pengadilan. Walaupun hewan itu telah mati, tetapi salah seorang penduduk yang bernama Julienne percaya bahwa terdapat seekor lagi hewan tersebut di dalam hutan.


Dan, akhirnya perburuan hewan yang kedua dimulai oleh Jean Chastel dengan membuat perangkap. Dan, hasilnya perangkap pun bekerja dan akhirnya hewan itu ditembak kemudian mati. Yang mengejutkan adalah ditemukannya sisa tubuh seorang manusia di dalam perut hewan itu.


Walaupun laporan penampakan Beast of Gevaudan hanya 3 tahun saja, tetapi dalam jangka waktu itu sudah cukup untuk menyebar teror di Prancis.

Beast of Gevaudan memiliki tubuh yang berukuran tidak seperti serigala pada umumnya, dan dipercaya memiliki kaki yang kuat seperti kaki manusia, dan pergerakannya cukup lincah. Inilah yang menyebabkan banyak yang mengatakan bahwa Beast of Gevaudan adalah seekor Werewolf.


Apakah Beast of Gevaudan adalah Werewolf?
Inilah yang menjadi pertanyaan besar. Hewan misterius ini dicurigai sebagai werewolf karena ukuran tubuhnya yang tak wajar seperti serigala lain. Jadi, terdapat beberapa kemungkinan apa sesungguhnya makhluk ini:

1. Serigala raksasa
Kemungkinan ini ada saja karena bisa saja serigala tersebut mengalami kelainan genetika

2. Mesonychids
Hewan ini juga dianggap sebagai penyebab teror di Gevaudan. Padahal hewan ini hidup pada masa lalu. Tetapi ciri-ciri fisik mesonychids mirip dengan beast of Gevaudan yang diceritakan oleh para saksi. Memilki ukuran tubuh yang besar, kaki yang kuat, taring yang besar, besar kepala nyaris sama dengan badan. Hanya saja apakah hewan ini benar masih hidup padahal sudah punah sejak dahulu.


3. Chupacabra
Apakah hewan penyebabnya adalah Chupacabra? Hanya saja yang tidak masuk akal adalah hewan ini memakan semua daging korbannya bukan menyisakan daging dan hanya menghisap darahnya.


4. Makhluk hutan lain
Makhluk hutan lain juga dianggap sebagai biang kerok teror Prancis ini. Beberapa di antaranya adalah harimau dan beruang. Dan, yang tidak masuk akal adalah harimau karena tidak ada sama sekali spesies harimau di Prancis.

5. Sihir
Werewolf dikaitan dengan sihir sama halnya dengan Beast of Gevaudan. Ini adalah satu-satunya teori supranatural di antara teori lainnya.


Bagaimana menurut anda? Apakah Beast of Gevaudan adalah werewolf atau hewan lain? :)



Share this :

0 komentar: