Rabu, 25 Agustus 2010

Biaya Operasi "Manusia Akar" Rp 600 Juta


http://dennysitohang.files.wordpress.com/2010/01/manusiapohon.jpg

RSHS Bandung menyatakan, total biaya operasi Dede, yang dijuluki "Manusia Akar", yang sudah sembilan kali dilakukan, di rumah sakit itu, mencapai Rp 600 juta.

"Kalau dihitung, total biaya operasi Dede tahap pertama, yakni sejak operasi pertama hingga kedelapan Rp 600 juta," kata Direktur Keuangan RSHS Bandung, Dr Tauchid Chamdani, Jumat (12/3).

Ia menjelaskan, operasi pertama Dede yang dilakukan sekitar tahun 2007, yang menelan biaya paling besar jika dibandingkan operasi kedua hingga kedelapan.

"Sebelum menjalani operasi pertama, Dede perlu perawatan yang cukup lama, yakni hampir satu tahun. Selain itu, kami juga harus membeli peralatan mencapi Rp 300 juta. Maka wajar jika operasi pertama menelan biaya besar," ujarnya.


http://dennysitohang.files.wordpress.com/2007/11/foto-edit.jpg

Meski Dede termasuk ke dalam pasien Jamkesmas, namun biaya yang ditanggung dari program Jamkesmas untuk operasi dan perawatan Dede hanya Rp 60 juta.

"Jamkesmas untuk Dede hanya mengklain Rp 60 juta saja, dari total biaya yang dikeluarkan. Sisanya ditanggung rumah sakit," kata Dr Tauchid Chamdani.

Menurutnya, untuk membantu biaya operasi dan perawatan Dede, pihak RSHS juga sempat membuka penggalangan dana dengan nama "Dompet Kadeudeuh Dede".

"Dulu kami juga sempat membuka Dompet Kadeudeuh Dede, satu untuk Dede pribadi, dan satu lagi untuk biaya perawatan dan pengobatan Dede. Dana yang masuk kebanyakan disalurkan ke rekening Dede," katanya.




http://dennysitohang.files.wordpress.com/2007/11/edit-foto-3.jpg



Total biaya untuk operasi kali ini, kata Dr Tauchid, diperkirakan tidak sebesar operasi tahap pertama.

"Untuk operasi ke sembilan ini atau tahap kedua ini, kami menggunakan tahap paket dan biaya jauh relatif lebih rendah dibandingkan operasi sebelumnya," katanya.

Operasi ke-9 Dede si Manusia Kutil berjalan sekitar tiga jam.


http://dennysitohang.files.wordpress.com/2007/11/edit-foto2.jpg


"Operasinya sendiri berlangsung tiga jam. Jam 08.00 WIB pagi masuk ruang operasi jam 11.00 WIB selesai," kata Ketua Tim Operasi Dede, Dr Hardisiswoe Soedjana, di RSHS Bandung, Jumat.

Ia mengatakan, proses operasi yang dilakukan kepada Dede sengaja dibuat tidak terlalu lama supaya kondisi Dede dapat cepat fit setelah menjalani operasi.

Ia menjelaskan, tujuan dilakukannya operasi tersebut ialah untuk menghilangkan kutil dan mengoptimalkan kembali fungsi tangan Dede. [TMA, Ant]





Image
Image
Image

Share this :

0 komentar: